Peristiwa Tutur dan Tindak Tutur Pedagang Etnis Cina dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Godo
Peristiwa Tutur dan Tindak Tutur Pedagang Etnis Cina dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Godong
OVITA RENDY EGIYANI PUTRI
16410083
3B
PBSI, FPBS, UPGRIS
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Bahasa
itu merupakan alat atau syarat berhubungan antara manusia satu dengan manusia
yang lain baik lahir maupun batin dalam interaksi setiap hari. Dengan bahasa
itu pula masyarakat dapat mewujudkan suatu tujuan. Dan bahasa itu bersifat manasuka.
Bahasa
juga digunakan untuk berinteraksi antara pedagang dan pembeli di suatu pasar
yang biasanya untuk mencapai tujuan harga yang sesuai dengan kesepakatan
bersama. Jadi pasar adalah tempat bertemunya pedagang dengan pembeli dalam
kepentingannya untuk melakukan interaksi jual beli. Sebagai sebuah komunitas
sosial, pasar memiliki nilai sosial yang tinggi, sehingga banyak gejala sosial
yang terjadi di sana. Salah satunya adalah gejala kebahasaan. Pilihan bahasa
sangat penting dalam mendukung interaksi jual beli di pasar. Para pedagang
berupaya memperlakukan para pembeli dengan baik sehingga tertarik dan melakukan
pembelian. Demikian pula para pembeli berusaha mendapatkan transaksi yang
menguntungkan dan terhindar dari penipuan. Upaya dari kedua belah pihak
tersebut tercermin pada pilihan bahasa mereka. Pilihan bahasa oleh masyarakat
tutur di pasar tidak pernah lepas dari situasi sosial yang ada di sekitarnya.
Pedagang dengan pembeli tidak selalu berasal dari lingkungan dengan suasana
kebahasaan yang sama. Perbedaan ini menimbulkan usaha menemukan kesepakatan
pemahaman terhadap pemakaian bahasa, yang kemudian menciptakan pilihan-pilihan
berbahasa yang disesuaikan dengan situasihubungan antara pedagang dengan
pembeli dan berbagai hal yang ada di sekitarnya. Pemikiran inilah yang kemudian
menjadi dasar pijakan untuk menjadikan pilihan bahasa etnis Cina di Pasar
Godong yang tepatnya berada Desa Godong sebagai sebuah kajian sosiolinguistik
yang mengkaji bahasa dalam hubungannya dengan masyarakat pemakainya.
1.2
RUMUSAN MASALAH
a.
Apa itu bahasa dalam komunikasi ?
b.
Bagaimana respon atau tanggapan
jika menggunakan bahasa Indonesia dalam transakasi pebelian ?
c.
Bagaimana respon atau tanggapan
jika menggunakan bahasa jawa dalamtransakasi pebelian?
1.3
TUJUAN
Tujuan
adalah suatu yang ingin dicapai oleh karena itu penelitian ini perlu mempunyai
tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a.
Untuk mengetahui respon atau tanggapan
jika menggunakan bahasa Indonesia dalamtransakasi pebelian.
b.
Untuk mengetahui respon atau
tanggapan jika menggunakan bahasa
Jawa dalam transakasi pebelian.
1.4
MANFAAT TEORI
Penelitian
ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penulis dan melalui penelitian ini
dapat menjadi bahan rujukan atau
refrensi bagi peneliti selanjutnya dan masyarakat luar, serta sebagai
bahan pertimbangan bagi pihak terkaitdi dalam menyelesaikan masalah.
1.5
METODE PENELITIAN
Metode
observasi atau pengamatan adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pegetahuan
dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui
sebelumnya untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk
melanjutkan suatu penelitian.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1
Bahasa dalam Komunikasi
Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk
berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan
gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik.
2.2
Tanggapan Jika Menggunakan Bahasa Indonesia dalam Transaksi
Jual Beli
Tanggapan jika menggunakan bahasa Indonesia dalam
transaksi jual beli dengan pedagan etnis cina di pasar Godong ,yang terjadi
dalam wawancara.
A : Permisi Cik?
B : Ya mbak, mau nyari apa?
A : Oh ya Cik, saya mau beli beras yang Raja Lele 1kg berapa ya Cik?
B : Raja Lele niku Rp.12.000,00 sekilone mbak. Nopo seng liane mbak?
A : Kalo yang lainnya itu mereknya apa dan harganya Cik?
B : Biasane ki seng lares beras Naga mbak soale empuk lan wangi
regane sekilo Rp12.700.
A : Ya udah Cik yang Naga aja 3kg.
B : Niki mbak berase.
A : Oh ya Cik berapa?
B : Rp.38.100,00. Mbak
A : Ini Cik uangnya Rp38.100,00 Cik. Terima kasih
B : Oh ya mbak sami-sami.
Kesimpulan :
Jadi saat pembeli menggunakan bahasa Indonesia
dalam berinteraksi dengan pedagang etnis Cina masih dominan menggunakan bahasa
jawa atau bahasa ibu dan orang etnis cina mempunyai nama pangilan sendiri
seperti Cik kalau perempuan sedangkan Koh kalau laki-laki. Pangilan tersebut
memudahkan kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang etnis Cina yang
dominan kurang begitu ramah.
2.3
Tanggapan jika mMenggunakan Bahasa Jawa dalam Transaksi Jual
Beli
Tanggapan jika menggunakan
bahasa Jawa dalam transaksi jual beli dengan pedagan etnis cina di pasar Godong
,yang terjadi dalam wawancara.
A : Permisi Koh?
B : Ya, mau nyari
apa mbaknya?
A : Beras Koh.
B : Beras desa
napa Beras wangi mbak?
A : Bedane niku
napa Koh?
B : Beras desa iku
beras kualitase biasa mbak kalo beras wangi kualitasi 2kaline luweh apek mbak.
A : Nggeh pun Koh
beras wangi mawon.
B : Beras wangi
niku macem-macem mbak, wonten beras wangi Naga, Raja Lele, Makyus, Si Pulen wontene
mbak?
A : Beras Naga
mawon Koh, sekilone pinten koh?
B : Beras Naga niku
sekilone Rp.12.000,00 mbak.
A : Nggeh mpun Koh
paringi tiga kilo mawon.
B : Niki Mbk
Rp.36.000,00
A : Oh nggeh Koh
niki artone.
B : Nggeh mbak, pas
nggeh tersuwun mbak.
A : Sami-sami.
Kesimpulan :
Jadi saat
pembeli menggunakan bahasa Jawa dalam berinteraksi dengan pedagang etnis Cina
masih dominan menggunakan bahasa jawa atau bahasa ibu. Saat menggunakan bahasa
Jawa pedagang melayani dengan sangat ramah. Orang etnis cina mempunyai nama pangilan
sendiri seperti Cik kalau perempuan sedangkan Koh kalau laki-laki. Pangilan
tersebut memudahkan kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang etn
BAB
III
3.1
KESIMPULAN
DAN SARAN
Penelitian ini yang berjudul“Peristiwa
Tutur dan Tindak Tutur Pedagang Etnis Cina Dalam Interaksi Jual beli di Pasar
Godong” yang menerapkan dua perbandingan bahasa yang di antaranya bahasa Indonesia
dan bahasa Jawa dari keduajadi bahasa yang berpengaruh besar dalam transaksi
jual beli itu penggunaan bahasa Jawa
karena telah terbukti dalam hasil observasi tersebut bahwa pedagang
etnis Cina di pasar Godong Dominan menggunakan bahasa Jawa karena mereka sudah
membaur kedalam lingkungan untuk berkomunikasi antar pedagan maupun pembeli.
Saat pembeli menggunakan bahasa Jawa saat membeli kebanyakan pedagang etnis
Cina lebih raham dalam melayani pebeli”.
DAFTAR PUSTAKA
1.
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
Komentar
Posting Komentar